Pages

Digitasi dengan menggunakan Software ArcGis

          Pendahuluan
Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang diciptakan manusia semakin canggih dan semakin meringankan pekerjaan manusia dalam segala hal. Manusia dimanjakan teknologi yang memudahkan pekerjaan mereka. Bagi mahasiswa teknik perencanaan wilayah dan kota, teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) sudah tidak asing lagi di telinga mereka.
Sistem Informasi Geografis atau SIG atau yang lebih dikenal dengan GIS (Geographic Information System) secara harafiah dapat diartikan sebagai suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk menangkap, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa, dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis. GIS mempunyai kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi, menggabungkannya, menganalisa dan akhirnya memetakan hasilnya. Aplikasi SIG menjawab beberapa pertanyaan seperti: lokasi, kondisi, trend, pola, dan pemodelan. Kemampuan inilah yang membedakan GIS dari sistem informasi lainnya dan sangat berguna bagi perkembangan ilmu perencanaan wilayah dan kota.

Perkembangan ilmu dan teknologi yang beriringan dengan bidang GIS (Geographic Information System) memunculkan  aplikasi berbasis GIS, salah stunya adalah ArcGIS. Aplikasi GIS sudah hampir menyentuh seluruh sendi-sendi kehidupan, terutama dalam bidang perencanaan pembangunan, kesehatan, pertanian, militer, sosial budaya, hingga politik. Dalam sektor Perencanaan Pembangunan inilah yang paling giat dalam menggunakan teknologi GIS, dimana hal ini sangat memudahkan para perencana dalam mengelola data dan informasi yang sedemikian banyak dan berseri.  Sehingga membantu mereka dalam mengefisienkan biaya, waktu dan tenaga serta memudahkan dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang efektif untuk diterapkan di lingkungan atau daerah perencanaannya. Umumnya mereka menggunakan teknolgi SIG untuk membuat peta-peta kondisi eksisting, kemudian peta-peta kesesuaian lahan baik untuk pertanian, penempatan fasilitas tertentu, industri, ataupun perencanaan jaringan jalan. Jadi, software seperti ArcGIS dan sejenisnya sangat penting bagi mahasiswa teknik perencanaan wilayah dan kota.


Untuk Laporan Praktikum Lengkapnya dapat dilihat secara penuh setelah mendownload dari ==>link ini<==

Diporation

Blog ini dibuat oleh sekelompok mahasiswa Universitas Diponegoro jurusan Teknik Perencanaan wilayah dan Kota. Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi pengalaman, ilmu, dan hal lainnya serta sebagai tugas dari mata kuliah Teknologi Informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar